Beta-glucan, Kandungan Pelembap Untuk Semua Jenis Kulit

Soal meningkatkan kelembapan di kulit kering, skin care-lovers pasti udah kenal sama Hyaluronic Acid atau Glycerin. Tapi, ada yang udah pernah dengar soal Beta-glucan, belum? Kandungan pelembap ini mungkin belum sepopuler Hyaluronic Acid yang bisa ditemukan dalam berbagai macam produk. Tapi, Beta-glucan udah mulai dikenal akan khasiatnya, terutama untuk kulit kering dan sensitif, lho.

 

Apa Itu Beta-glucan?

Kandungan Beta-glucan biasanya berasal dari dinding sel jamur, beberapa jenis bakteri, alga, rumput laut, hingga oats. Ia adalah polisakarida, yaitu gabungan dari beberapa jenis gula, pati, dan selulosa.

Hampir sama kayak Hyaluronic Acid dan Glycerin, sebagai kandungan pelembap, Beta-glucan bersifat humectant--artinya, ia bekerja kayak magnet, menarik dan menahan kandungan air dari dalam lapisan kulit dan dari udara sekitarnya untuk melembapkan permukaan kulit.

Bedanya, Beta-glucan diketahui bisa menahan kadar kelembapan 20% lebih banyak dibanding Hyaluronic Acid. Wah, keren banget, ya! Kamu bisa temukan ini di iUNIK Beta Glucan Set yang terdiri dari serum dan moisturizer.

Sayangnya, Beta-glucan nggak ditemukan secara alami di tubuh atau kulit manusia. Karena itu, kita cuma bisa bergantung sama produk skin care supaya kulit bisa mendapatkan khasiat-khasiat Beta-glucan.

Mau kenal lebih jauh sama Beta-glucan dan manfaat-manfaat lainnya (selain melembapkan kulit)? Simak di bawah ini, ya.

 

Manfaat Beta-glucan untuk Kulit

Memperkuat skin barrier. Kandungan humectant kayak Beta-glucan biasanya bekerja di permukaan kulit. Karena itu, ia punya khasiat untuk melindungi lapisan kulit di bawahnya terhadap zat-zat dari luar yang berpotensi mengiritasi--ini sebenarnya adalah salah satu tugas skin barrier. Dengan Beta-glucan, selain lembap maksimal, kulit juga terlindungi dari reaksi iritasi dan inflamasi yang bikin kulit terasa nggak nyaman, deh.
Rekomendasi Produk: Skin1004 Madagascar Centella Asiatica Soothing Cream, Benton Snail Bee High Content Skin

Mempercepat sembuhnya luka dan mencegah infeksi bakteri. Selain melembapkan, Beta-glucan juga bisa meningkatkan sistem imun kulit. Sehingga, kulit bisa melindungi dirinya sendiri dari infeksi bakteri, serta mempercepat proses penyembuhan luka (misalnya, luka jerawat). Siapa sih, yang nggak mau kulit sehat dan kuat begini?
Rekomendasi Produk: Purito Centella Green Level Recovery Cream, Klairs Rich Moist Soothing Serum

Mencegah kulit kering kemerahan, mengelupas, dan sensitif. Karena kedua manfaat di atas, kulit juga bebas dari kemerahan dan jadi nggak terlalu sensitif atau gampang rewel. Say goodbye to kulit kasar, kering, dan mengelupas!
Rekomendasi Produk: Mediheal P.D.F. AC-Dressing Ampoule Mask EX, Lagom Cellus Mild Moisture Cream

Memperbaiki kerusakan sel kulit (antioksidan). Beta-glucan juga bisa berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berbahaya buat kulit--karena itu, sel-sel kulit yang terpapar radikal bebas bisa sehat kembali. Kombinasi manfaat antioksidan ini dengan kemampuan Beta-glucan untuk melembapkan kulit bikin kandungan ini juga punya khasiat anti-aging, mencegah penuaan dini biar kulit tetap kenyal, kencang, dan sehat.
Rekomendasi Produk: Neogen Day-Light Protection Sunscreen SPF50/PA+++, Nacific Real Floral Air Cream - Calendula

 

manfaat fungsi kandungan beta glucan untuk kulit

 

Memilih Beta-glucan dalam Skin Care

Untuk tipe kulit apa?

Karena manfaat-manfaatnya yang beragam, sebagai kandungan pelembap, Beta-glucan cukup aman digunakan jenis kulit apa aja, termasuk kulit kering dan sensitif. 

Umumnya, Beta-glucan diformulasikan dalam produk untuk kulit kering dan sensitif, sehingga teksturnya cenderung creamy dan cukup berat. Untuk itu, kulit berminyak harus hati-hati memilih produk dengan Beta-glucan yang nggak berpotensi menyumbat pori-pori.

Mungkin, bukan Beta-glucan-nya yang menyumbat pori-pori, tapi kandungan lain dalam produk tersebut. Jadi, kalau kulitmu berminyak, kamu bisa pilih produk Beta-glucan yang oil-free, misalnya iUNIK Tea Tree Relief Serum.

Bisa dipakai bareng kandungan apa?

Selain itu, sama kayak kandungan-kandungan pelembap lain, Beta-glucan direkomendasikan untuk digunakan bareng kandungan powerful yang berpotensi bikin iritasi, yaitu Retinol dan AHA/BHA. Soalnya, ia bisa membantu menjaga skin barrier kulit nggak sampai rusak ketika pakai kandungan-kandungan tersebut, mengembalikan kelembapannya, serta meningkatkan toleransi kulit terhadap kandungan-kandungan tersebut.

Apakah Beta-glucan bisa bikin iritasi?

Oh iya, Phoebe juga nggak bakal lelah mengingatkan sobat kulit sensitif untuk patch test dulu sebelum pakai skin care baru! Sekali lagi, mungkin bukan Beta-glucan-nya yang bermasalah dan bikin kulitmu iritasi, tapi kandungan-kandungan lainnya dalam sebuah produk. So, nggak ada salahnya untuk selalu patch test dulu, kan?

Kalau udah patch test dan cocok, kamu boleh pakai Beta-glucan setiap hari, siang maupun malam, kok. Ia juga bisa ditemukan dalam berbagai produk skin care, dari cleanser hingga sunscreen.

 

Beta-glucan bisa disebut sebagai pesaingnya Hyaluronic Acid dalam urusan melembapkan kulit. Kalau kulitmu terus-terusan kering, hingga mengelupas, diikuti rasa nggak nyaman karena sering iritasi, inflamasi, dan terlihat kemerahan, Beta-glucan bisa jadi penyelamat kulitmu, nih.

Sekian perkenalan dengan Beta-glucan dari Phoebe. Semoga, buat kamu yang udah mulai mencoba kandungan ini, Beta-glucan bisa memberi manfaatnya untuk menyehatkan kulitmu, ya. Jangan ragu hubungi Phoebe melalui kolom komentar kalau masih ada pertanyaan seputar Beta-glucan!

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar