Kenalan dengan Vitamin C, Kandungan Andalan Mencerahkan Kulit

Kulit kusam karena polusi? Atau banyak noda hitam karena sinar matahari dan bekas jerawat? Mungkin Vitamin C bisa jadi solusimu, nih! Yuk, kenalan sama kandungan andalan untuk mencerahkan kulit yang satu ini bareng Phoebe!

 

Apa Itu Vitamin C?

Vitamin C, yang juga dikenal sebagai Ascorbic Acid atau L-Ascorbic Acid, adalah kandungan antioksidan yang bersifat larut dalam air.

Sebenarnya, lapisan kulit kita masing-masing udah ada kandungan Vitamin C-nya. Tapi, seiring waktu, karena kulit sering terpapar sinar UV dari matahari dan juga polusi udara lainnya, kadar Vitamin C alami di kulit semakin berkurang, deh.

Manusia juga nggak bisa memproduksi Vitamin C sendiri. Karena itu, kita bisa menambahkan Vitamin C di kulit menggunakan skin care. Tapi, memangnya kenapa harus pakai skin care dengan Vitamin C, ya?

 

manfaat fungsi vitamin c ascorbic acid untuk kulit

 

Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Berikut ini beberapa manfaat Vitamin C yang penting untuk kesehatan kulit:

Membantu melawan radikal bebas. Sebagai salah satu kandungan antioksidan yang powerful, Vitamin C bisa membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas--yang biasanya didapatkan dari polusi udara, paparan sinar UV, dan asap rokok--bisa menyebabkan kerusakan sel kulit, kerusakan skin barrier, hingga mempengaruhi DNA manusia. Tanpa antioksidan, radikal bebas bisa menyebabkan kulit cepat mengalami tanda penuaan serta keliatan kusam. Nah, Vitamin C adalah kandungan yang efektif melawan radikal bebas, supaya kulit tetap cerah, sehat, awet muda, dan pastinya glowing!

Rekomendasi Produk: The Ordinary Ascorbic Acid 8% + Alpha Arbutin 2%

Memudarkan noda hitam dan bekas jerawat. Salah satu manfaat Vitamin C yang paling digemari adalah khasiatnya menyamarkan noda atau flek hitam di kulit--baik karena sun spots atau age spots, hingga karena bekas jerawat. Ini karena Vitamin C bisa menghambat produksi pigmen berlebih, sehingga kompleksi kulit lebih merata, nggak belang-belang, dan keliatan lebih cerah.

Rekomendasi Produk: Kiehl’s Clearly Corrective Dark Spot Solution

Mendorong produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang tugasnya bikin kulit tetap kenyal, lembap, dan kuat. Seiring usia, produksi kolagen bisa terus berkurang, menyebabkan kulit mudah muncul keriput, garis halus, dan kehilangan kelembapan. Vitamin C bisa membantu meningkatkan produksi kolagen, supaya kulit tetap keliatan segar, cerah, dan tentunya sehat.

Rekomendasi Produk: Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment

 

Tips Pakai Vitamin C dalam Skin Care

Tutup rapat, jauh dari matahari, dan simpan di tempat sejuk.

Kekurangan kandungan Vitamin C adalah cenderung nggak stabil dan cepat teroksidasi--ini ditandai dengan warnanya yang berubah jadi kuning atau cokelat. Kalau udah berubah warna, Vitamin C udah nggak efektif lagi bekerja di kulit.

So, selalu pastikan kemasan produk skin care dengan Vitamin C-mu tertutup rapat, ya. Jauhkan dari jendela supaya nggak kena paparan sinar matahari dan terhindar dari panas. Untuk itu, kamu boleh simpan produk Vitamin C di dalam kulkas, lho.


Habiskan produk dalam 3 bulan.

Lebih dari itu, khasiat Vitamin C biasanya udah mulai menurun. Supaya kulitmu dapat manfaat yang maksimal, sebaiknya optimalkan penggunaan dalam 3 bulan pertama setelah tutup kemasan produk skin care dibuka.


Bisa dipakai pagi ataupun malam hari.

Di pagi hari, Vitamin C bisa membantu sunscreen-mu melindungi kulit dari radikal bebas yang dibawa sinar UV. Di malam hari, Vitamin C bisa membantu memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas yang ditemui sepanjang hari. Bermanfaat banget kan?

 

Bisa untuk semua jenis kulit, tapi…

Vitamin C punya level pH yang cukup rendah. Pada beberapa tipe kulit yang lebih sensitif, ini mungkin menyebabkan iritasi atau alergi. Jadi, kamu boleh patch test dulu sebelum pakai produk skin care dengan Vitamin C, ya.

Rekomendasi Produk: Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

 

Hindari penggunaan dengan Retinol, Benzoyl Peroxide, dan AHA/BHA.

Ini maksudnya jangan dipakai dalam satu routine, ya. Misalnya, habis pakai serum Retinol, terus langsung dilanjutkan pakai moisturizer dengan Vitamin C--akibatnya, entah Vitamin C jadi kehilangan khasiatnya karena kedua kandungan “tabrakan”, atau malah bikin kulit iritasi karena terlalu kuat sampai mengganggu skin barrier.

Campuran Vitamin C dengan kandungan-kandungan tersebut tetap boleh dipakai kalau:

  • Vitamin C di pagi hari lalu Retinol, atau Benzoyl Peroxide, atau AHA/BHA di malam hari
  • Vitamin C di malam ini lalu Retinol, atau Benzoyl Peroxide, atau AHA/BHA di malam besoknya
  • Ditemukan dalam satu produk yang udah terdaftar BPOM. Ini artinya produk tersebut udah diformulasikan dengan baik biar nggak sampai merusak kulit (tapi tetap harus hati-hati dan sebaiknya patch test dulu!). Misalnya, COSRX AHA BHA Vitamin C Daily Toner.

 

cara pakai vitamin c dalam skin care

 

Kamu sendiri, udah pernah pakai kandungan Vitamin C, belum? Dari sekian banyak manfaatnya, yang mana yang paling kamu butuhkan sekarang?

Kalau masih ragu-ragu mencoba kandungan Vitamin C, silakan tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar, ya! Phoebe akan senang hati menjawab!

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: hiperpigmentasi, kandungan skincare, mencerahkan kulit, noda hitam, serum vitamin c

Komentar

  • translation missing: id.blogs.article.comment_meta_html

    http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/ – Amoxicillin 500 Mg Amoxicillin 500mg agt.fepv.ponnybeaute.co.id.kmf.it http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/

  • translation missing: id.blogs.article.comment_meta_html

    http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/ – Amoxicillin Online Amoxicillin Online xup.hycb.ponnybeaute.co.id.alb.yt http://mewkid.net/when-is-xuxlya2/

Tinggalkan komentar