Memperbaiki Skin Barrier dengan Kandungan Ceramides

Salah satu penyebab kulit sensitif sering rewel, iritasi, dan inflamasi adalah karena skin barrier-nya rusak. Nah, di artikel ini, Phoebe akan jelasin soal kandungan andalan untuk memperkuat skin barrier, biar kulit sensitif lebih tenang, sehat, kuat, dan tetap glowing--yaitu Ceramides. Simak, yuk!

 

Apa Itu Ceramides?

Ceramides adalah kandungan lemak (lipid) yang sebenarnya secara alami ditemukan di kulit kita. Ia adalah salah satu kandungan utama yang membentuk skin barrier kita--lapisan alami pelindung kulit yang menjaga kulit dari serangan zat-zat dari luar yang berpotensi mengiritasi serta mengunci kelembapan di dalam lapisan kulit supaya nggak mudah menguap keluar.

Meskipun secara alami ditemukan di kulit, kandungan Ceramides perlahan-lahan bisa berkurang karena paparan sinar matahari hingga skin care yang terlalu keras. Berkurangnya kandungan Ceramides di kulit bisa menyebabkan kerusakan skin barrier--akibatnya, kulit lebih rentan bermasalah (sensitif) dan kehilangan kandungan alaminya, sehingga keliatan kusam, nggak segar, dan bahkan memicu tanda penuaan dini.

Ini terutama dibutuhkan oleh tipe kulit sensitif yang butuh perlindungan ekstra biar kulit nggak gampang rewel. Tapi, tentunya nggak menutup kemungkinan untuk digunakan oleh kulit berminyak yang mengalami kerusakan skin barrier, kulit kering yang butuh kelembapan ekstra dan tahan lama, serta kulit normal dan kombinasi yang ingin menjaga kesehatan skin barrier.

Karena itulah, kita butuh menambahkan Ceramides ke kulit kita lewat skin care!

 

fungsi manfaat ceramides untuk kulit

 

Manfaat Ceramides untuk Kulit

Melindungi kulit dari zat-zat luar yang berpotensi mengiritasi. Ini adalah salah satu manfaat skin barrier yang dimiliki kulit kita. Dengan begitu, kulit jadi nggak sering mengalami iritasi, meradang, dan nggak keliatan kemerahan.

Rekomendasi Produk: Huxley Secret of Sahara Cream: Fresh and More, Botanity Flavon Intensive Cream

Mengunci kelembapan dalam lapisan kulit. Ini juga fungsi skin barrier, supaya kulit tetap plump, cerah, dan glowing!

Rekomendasi Produk: The Aubree Ceramide Soft Cream, Benton Fermentation Essence

Mencegah inflamasi. Hilangnya kadar kelembapan dari dalam lapisan kulit bisa bikin kulit rentan inflamasi atau peradangan. Dengan Ceramides, kulit jadi terlindungi dari masalah kulit yang mengiritasi dan menunjukkan tanda-tanda inflamasi seperti jerawat, rosacea, hingga eksim.

Rekomendasi Produk: Kleveru Ceramide Calm Facial Oil, Olivarrier Emollient Extra Comfort Cream

Kulit jadi lebih bisa mentoleransi produk skin care. Biar kalau mau cobain skin care baru, kulit nggak cepat panik dan bereaksi jadi rewel. Untuk ini, kuncinya memang skin barrier yang sehat.

Rekomendasi Produk: Dr. Jart+ New Ceramidin Cream, Byecom Honey Glow Cera Cream

Kulit terasa halus. Karena Ceramides bekerja di permukaan kulit, efeknya bikin permukaan kulit terasa halus dan lembut bisa langsung terasa--karena ia bisa mengatasi kulit kering yang kasar sampai mengelupas sekalipun.

Rekomendasi Produk: Klairs Rich Moist Soothing Tencel Sheet Mask, G9Skin White in Milk Capsule Serum

 

rekomendasi produk skincare kandungan ceramides 

 

Cara Pakai Ceramides dalam Skin Care

Sebagai kandungan yang memang udah ditemukan di kulit, Ceramides diketahui nggak punya efek samping yang bisa menimbulkan masalah kulit. Yang harus kamu perhatikan adalah kandungan-kandungan lainnya dalam produk skin care dengan Ceramides pilihanmu.

 

Apakah Ceramides berpotensi menyumbat pori-pori?

Misalnya, moisturizer yang mengandung Ceramides, yang biasanya diformulasikan dengan tekstur tebal dan berat, bisa berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Padahal, kandungan Ceramides itu sendiri termasuk non-comedogenic alias nggak berpotensi menyumbat pori-pori.

Untuk mengakalinya, kamu bisa cari kandungan Ceramides dalam serum yang oil-free, misalnya Bhumi G-Alpine Brightening Serum.

 

Ceramides bisa bikin iritasi nggak, ya?

Kalau kulitmu sensitif banget, Phoebe juga menyarankan untuk selalu patch test dulu, ya. Mungkin bukan Ceramides-nya yang bakal mengganggu kulitmu, tapi kandungan-kandungan lain dalam produknya.

 

Adakah aturan untuk nggak mencampur Ceramides dengan kandungan tertentu?

Soal kandungan, Ceramides juga cukup aman dicampur dengan kandungan-kandungan lain, karena ia bisa membantu kulit kita mentoleransi kandungan yang powerful sekalipun. Karena itu, Ceramides direkomendasikan untuk dipakai bersama Retinol dan AHA/BHA yang dikenal bisa mengiritasi kulit, terutama yang skin barrier-nya nggak kuat.

 

Kesimpulannya...

Pokoknya, Ceramides adalah kandungan yang aman dan bermanfaat untuk semua jenis kulit. Ia juga bisa dipakai kapan aja, setiap hari, baik pagi maupun malam.

 

Itu dia beragam manfaat kandungan Ceramides dalam skin care--kandungan favoritnya kulit sensitif, deh! Nah, hopefully, setelah pakai Ceramides, kulit sensitif jadi lebih kuat, nggak gampang rewel, dan dijauhi dari masalah kulit yang bertubi-tubi.

Buat teman-teman Phoebe’s Squad yang udah pernah pakai Ceramides, gimana tuh rasanya? Boleh ceritain di kolom komentar, ya!

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

translation missing: id.blogs.article.tags: ceramides, kulit kering, kulit sensitif, pelembab, sensitive skin, skin barrier

Tinggalkan komentar