Mengenal Squalane, Kandungan Minyak yang Cocok untuk Semua Jenis Kulit

“Ada nggak ya, kandungan pelembap alami yang efektif melembapkan kulit kering, tapi cukup ringan buat kulit berminyak, dan ramah juga sama kulit sensitif?” Ada, dong! Yuk, kenalan dulu sama Squalane~

 

Apa Itu Squalane?

Sebelum kenalan sama Squalane, ada baiknya kita kenalan sama bentuk awalnya, yaitu Squalene. Yup, Squalane dan Squalene, meskipun cuma beda di huruf “a” dan “e”, ini 2 hal yang berbeda.

Kalau Squalene, yang pakai huruf “e”, adalah kandungan minyak yang bisa ditemukan di kulit manusia. Ia adalah salah satu kandungan yang membentuk sebum atau minyak di kulit, yang dihasilkan kelenjar sebaceous (sebum terbuat dari squalene, trigliserida, dan wax ester). Umumnya, produksi Squalene semakin berkurang setelah usia 30-an.

Tapi, kalau dibuat dalam produk skin care, kandungan Squalene biasanya nggak stabil dan nggak bisa tahan lama, sehingga cepat kehilangan khasiatnya atau nggak efektif lagi.

Nah, Squalane, dengan huruf “a”, adalah kandungan yang lebih stabil dan tahan lama. Squalane sebenarnya adalah Squalene (dengan huruf “e”) yang udah melalui proses hidrogenasi. Ia tetap bisa memberikan manfaat melembapkan yang sama dengan Squalene, dengan risiko mengganggu kulit yang lebih rendah karena formulasinya lebih stabil, misalnya Haple Sky Rose Moisturizer atau The Aubree Flower Infused Hydrating Mask.

Squalane adalah kandungan minyak yang bersifat emollient, yang membantu mengunci kelembapan di kulit biar nggak menguap, serta bikin permukaan kulit yang tadinya kering, kasar, hingga mengelupas jadi lebih halus, lembut, dan sehat.

Nah, kalau Squalene sebenarnya udah ada kulit manusia, buat apa kita pakai Squalane dari skin care? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak beberapa manfaat Squalane di poin berikutnya ini, ya.

 

fungsi manfaat kandungan squalane untuk kulit

Manfaat Squalane untuk Kulit

Menyeimbangkan produksi minyak. Karena struktur Squalane mirip dengan minyak di wajah, ini bisa membantu kulit merasa produksi minyak udah tercukupi. Sehingga, kelenjar sebaceous nggak terpicu untuk memproduksi minyak berlebih. Dengan begitu, produksi minyak, khususnya pada tipe kulit berminyak, lebih seimbang dan potensi pori-pori tersumbat pun berkurang.
Rekomendasi Produk: Botanity Flavon Serum, Purito Centella Green Level Recovery Cream

Membunuh bakteri (anti-bacterial). Squalane juga diketahui bisa memberantas bakteri di kulit, lho. Ini bisa menguntungkan buat kulit kering yang juga acne-prone untuk menyembuhkan jerawat yang terinfeksi bakteri P. acnes.
Rekomendasi Produk: Kleveru Ceramide Glow Hydrate Facial Oil, Bioderma Sebium Global Intensive Purifying Care

Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas (antioksidan). Kandungan Squalane juga bisa berperan sebagai antioksidan, nih. Ia bisa melindungi kulit dari risiko kerusakan akibat diserang radikal bebas, yang bisa berujung penuaan dini dan munculnya noda hitam serta kulit kusam.
Rekomendasi Produk: Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate, Lacoco Daily UV Counter SPF50 PA++

Melembapkan bibir dan area mata. Kalau tanpa campuran kandungan lain, minyak Squalane juga bisa menggantikan fungsi eye cream dan lip balm, lho. Ia cukup aman untuk digunakan di area mata dan bibir untuk menjaga kelembapannya, biar kulit area mata dan bibir nggak kering mengelupas.
Rekomendasi Produk: Kiehl’s Butterstick Lip Treatment SPF25, Raiku Eye Serum

 

Tips Pakai Squalane dalam Skin Care

Kulit sensitif bisa iritasi pakai Squalane nggak, ya?

Good news buat kulit sensitif! Kandungan Squalane bisa kamu pakai tanpa khawatir ia akan mengiritasi kulitmu. Jadi, kalau kulitmu sensitif dan nggak cocok sama produk-produk face oil yang lagi hits untuk memberi kelembapan ekstra di kulit, kamu bisa cobain face oil yang murni mengandung Squalane aja, misalnya Olivarrier Fluid Oil Squalane.

Nah, kalau kandungan Squalane udah digabung bersama kandungan-kandungan lainnya, kamu tetap harus patch test dulu, ya. Sehingga, kalau nggak cocok, reaksi iritasi atau alergi nggak langsung muncul di seluruh wajah.

Kulit berminyak boleh pakai Squalane?

Meskipun ini adalah kandungan penyelamat kulit kering, kulit berminyak juga boleh banget pakai Squalane. Seperti yang disebutkan di atas, meskipun ia adalah kandungan minyak--yang sering dikhawatirkan terlalu greasy dan berat untuk kulit berminyak--Squalane justru bisa membantu menyeimbangkan produksi minyak supaya nggak berlebihan.

Lebih dari itu, Squalane juga diketahui non-comedogenic atau nggak menyumbat pori-pori. Teksturnya lightweight atau ringan, serta mudah diserap kulit. Sehingga, kulit terasa halus dan lembut, tanpa terasa greasy. Kalau tetap dirasa terlalu berat buat sehari-hari, kamu boleh pakai Squalane di malam hari aja sebelum tidur, waktu kulit paling banyak kehilangan kandungan air dari dalam lapisan kulit. Dengan Squalane, kelembapan alami kulitmu bisa utuh terjaga sampai pagi.

Hati-hati pakai Squalane kalau kamu punya masalah ini!

Mungkin, yang harus hati-hati dalam menggunakan Squalane adalah kulit yang sering punya masalah fungal acne--karena, meskipun anti-bacterial, Squalane nggak bisa membunuh jamur penyebab fungal acne. Selain itu, Squalane aman dan ramah untuk semua tipe kulit, kok.

Sama kayak kulit sensitif, kulit berminyak dan fungal acne-prone juga bisa patch test dulu sebelum rutin menggunakan Squalane di seluruh wajah. Coba oleskan produk Squalane di area yang paling sering muncul jerawat atau fungal acne-nya selama kurang-lebih seminggu. Kalau malah jadi breakout di area tersebut, berarti produknya nggak cocok sama kulitmu dan kamu bisa hentikan penggunaan, ya. Kalau nggak breakout, kamu boleh lanjut pakai di seluruh wajah!

Adakah kandungan yang nggak cocok bareng Squalane?

Squalane juga cukup aman bekerja bareng kandungan-kandungan lain. Layaknya kandungan pelembap lainnya, Squalane direkomendasikan untuk dipakai bareng kandungan yang bisa bikin kulit kering, seperti Retinol dan AHA/BHA.

Untuk kulit kering yang butuh kelembapan ekstra, Squalane juga aman dipakai setiap hari, pagi dan malam.

 

Nah, itu dia soal Squalane, kandungan pelembap alami yang bisa bikin kulit kering happy, kulit sensitif lebih tenang, hingga kulit berminyak pun nggak ketinggalan merasakan manfaatnya. Kayak paket komplit, ya!

Buat teman-teman Phoebe’s Squad yang udah pernah mencoba dan dapat manfaatnya Squalane, boleh share di kolom komentar, yuk! Kalau belum pernah coba dan mau tanya-tanya lebih jauh lagi soal Squalane, boleh juga lewat kolom komentar, dong. Phoebe tunggu, ya.

 

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar