Tipe Kulit vs. Masalah Kulit: 2 Hal Berbeda yang Sering Dianggap Sama

Sebelumnya, Phoebe pernah ajak teman-teman Beauties buat cari tau lebih lengkap tentang masing-masing tipe kulitmu: kulit berminyak, kering, normal, kombinasi, dan sensitif. Di situ, sebenarnya kita udah menyenggol tentang masalah kulit atau kondisi kulit yang mungkin dialami masing-masing tipe kulit.

Misalnya, kulit kering punya masalah kulitnya suka jadi kusam dan mengelupas, sedangkan kulit berminyak punya masalah sering jerawatan. Eits, tapi, jangan anggap bahwa tipe kulitmu adalah penyebab utama kamu mengalami masalah kulit, lho. Nyatanya, tipe kulitmu nggak selalu jadi penyebab masalah kulit yang kamu alami.

Jadi, apa sih penyebab masalah kulit? Apa saja yang termasuk masalah kulit? Terus, bisa nggak, ya, menghilangkan masalah-masalah itu supaya kulit tetap flawless?


Tipe Kulit ≠ Masalah Kulit

Hayoo, kamu masih ingat nggak Phoebe banyak sebutin soal faktor-faktor luar (pola makan, cuaca, polusi, sinar UV, dan lainnya) yang bisa merusak kulit? Nah, mereka itulah penyebab-penyebab masalah kulit yang kamu alami.

Misalnya, tipe kulit kering pakai cleanser yang mengandung alkohol (berarti salah produk). Hasilnya, kulit semakin kering, mulai iritasi dan mengelupas, deh. Atau, tipe kulit normal yang nggak dilindungi sunscreen, sehingga sering terpapar sinar UV. Jadinya, banyak pigmentasi dalam bentuk bercak-bercak flek hitam dan kompleksi yang nggak rata (kulit belang-belang).

Biar kamu nggak salah kaprah, kamu bisa lihat perbedaan tipe kulit dan masalah kulit pada grafis di bawah ini.

Perbedaan Tipe Kulit dan Masalah Kulit

Jadi, jangan salahkan tipe kulitmu, ya. Justru, kamu harus semakin menyayangi kulitmu supaya nggak disakiti faktor-faktor luar yang jahat itu. Phoebe bakal balik lagi di artikel berikutnya untuk bahas satu-persatu masalah kulit dan cara mengatasinya.

Oiya, share juga artikel ini biar teman-temanmu tau kalau jenis kulit dan masalah kulit itu dua hal yang berbeda!

Editor: Cintya L. | Grafis: Indri Novita S.

Tinggalkan komentar